menjaga kesehatan mental

5 Tips Menyenangkan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Musim libur memang menjadi momen yang paling ditunggu untuk melepaskan penat. Sayangnya, beberapa waktu terakhir ini sedikit berbeda karena adanya pandemi Covid-19. Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan mental di era yang serba terbatas ini?

Mungkin kamu sedang bingung mencari cara untuk membunuh rasa bosan, terutama untuk kamu yang sedang jauh dari keluarga dan orang tersayang. Wajar jika beberapa kenangan indah seringkali terlintas dan malah membuat kamu bersedih.

Kondisi yang tidak bersahabat ini tentu bisa menjadi faktor pemicu gangguan kesehatan mental yang cukup serius. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 5 cara menyenangkan menjaga kesehatan mental yang disarankan oleh para ahli:

menjaga kesehatan mental

Mencoba Mengubah Pola Pikir Menjadi Lebih Positif

Apakah selama ini kamu berpikir bahwa liburan ke luar rumah adalah satu-satunya cara melepaskan stres? Jika jawabannya iya, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah pola pikir menjadi lebih positif.

Mengubah pola pikir memang tidak mudah, tapi cobalah mulai dengan hal yang sederhana. Tanyakan pada dirimu, ‘Apa tujuan kamu hidup di sini? Untuk siapa kamu hidup disini?’.

Jawaban itu bisa menggiring kamu untuk mulai berpikir bahwa tetap tinggal di rumah bisa menjadi bukti konkret atas rasa menghormati, menyayangi, dan melindungi seluruh keluarga di rumah.

Tentu pola pikir itu akan lebih sehat jika dibandingkan rasa kesal karena telah dikurung oleh keadaan. Perlahan kamu bisa mengurangi hasrat menggerutu dan merasa terpaksa berdiam diri di rumah.

Manfaatkan Kecanggihan Teknologi untuk Tetap Terhubung dengan Keluarga yang Jauh

Di era yang serba digital ini, interaksi antar manusia tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Banyak fitur-fitur canggih yang bisa kamu manfaatkan untuk bertatap muka dengan keluarga jauh, walaupun tanpa melibatkan kebersamaan fisik.

Kegiatan ini mungkin bisa menjadi kebiasaan baru, seperti melakukan video call atau hanya sekadar chatting.

Jika rindu masakan rumah, kamu bisa video call memasak bersama dan makan bersama seolah satu meja. Atau voice call dengan mendengarkan lagu kenangan bersama ketika melakukan aktivitas di rumah.

Kamu juga tetap bisa berbagi dengan keluarga yang jauh dengan memanfaatkan jasa kurir yang terpercaya.

Tujuannya adalah untuk menemukan cara berinteraksi baru yang kreatif walaupun terpisahkan oleh jarak. Dengan demikian, jarak bukanlah halangan agar kamu tetap bisa bersama keluarga.

Tetaplah Sibuk dengan Rencana Kecil yang Menyenangkan

Selama ini hal apa saja yang membuatmu merasa senang sampai lupa waktu?

Cobalah untuk mulai membuat daftar dan jadwal pekerjaan, hobi, tugas sekolah, ataupun aktivitas positif lainnya yang bisa membuatmu tetap sibuk. Tentu kamu harus tulis sesuai dengan skala prioritas. Selanjutnya kamu bisa menindaklanjuti dengan tetap konsisten sesuai jadwal masing-masing.

Kamu juga bisa menyusun jadwal liburan ke destinasi wisata yang telah kamu impikan selama ini. Mau kemana? Gunung, pantai, taman bermain, atau apapun kamu bebas memilih.

Sembari menunggu kondisi pandemi Covid-19 mereda, kamu bisa mulai dengan mempersiapkan anggaran dana liburan terlebih dahulu. Tapi jangan terlalu khawatir soal ini, karena kamu bisa memanfaatkan fitur PayLater untuk menjawab permasalah keuangan tersebut.

Melakukan Aktivitas Outdoor dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Cobalah keluar rumah sejenak. Lihatlah langit yang cerah. Hirup udara yang segar.

Sesekali kamu boleh keluar rumah, dengan catatan menghindari kerumunan dan tetap mematuh protokol kesehatan.

Kamu bisa mulai lagi menyapa tetanggamu dari kejauhan. Atau mencoba olahraga ringan, seperti berlari keliling kompleks atau sekedar jalan-jalan bersama hewan peliharaan.

Abaikan Tekanan, Fokuslah pada Kekuatan

Mungkin akan banyak hal yang menyebalkan hadir di hidup kamu, tapi itu wajar. Tidak ada hidup yang sepenuhnya sempurna.

Begitupun dengan perasaan lelah, jenuh, dan stres. Rasa itu sangat manusiawi dan kamu tidak perlu terlalu menyalahkan diri sendiri. Percayalah, kamu memiliki kekuatan untuk menghadapi ini semua.

Menjaga kesehatan mental memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak tekanan yang harus dihadapi, baik secara internal maupun secara eksternal. Jadi, apakah perasaan kamu sekarang sudah lebih baik?

Mengelola Finansial Previous post Cara Mengelola Finansial di Usia 40 Tahun
manfaat vitamin B Next post Wajib Tahu, 8 Manfaat Vitamin B