alat snorkeling

Alat Penting yang Harus dibawa Saat Snorkeling

Laut Indonesia memiliki banyak sekali keindahan yang tak bisa dibandingkan dengan yang lainnya, salah satunya adalah spot snorkeling yang sangat banyak terhampar di seluruh pesisir negara ini.

Untuk Anda yang suka melakukan olahraga di bawah air, seperti snorkeling ataupun diving, wajib mencoba semua spot terkenal yang ada di Indonesia.

Biasanya banyak jasa tour yang menyediakan paket khusus untuk pelancong jalan-jalan di pantai dan lengkap dengan berbagai aktivitas bawah laut. Tinggal memilih saja, paket wisata mana yang paling menarik perhatian Anda.

alat snorkeling

Namun bisa juga Anda memilih untuk pergi secara mandiri, mengurus semua administrasi dan akomodasi tanpa bantuan orang lain, sehingga lebih nyaman dan bisa memilih yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Jika Anda memilih untuk memilih tempat snorkeling sendiri, maka pastinya harus memiliki alat-alatnya sendiri, supaya tak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tiap kali pergi untuk menyelam di bawah laut.

7 Peralatan Penting saat Snorkeling

Tapi, apa saja barang yang harus dibawa saat pergi menjelajah keindahan terumbuh karang di bawah laut? Simak berikut ini:

1. Masker Khusus

Ketika Anda menyelam di laut, maka pemandangan bisa sedikit buram dan tak jelas karena air laut yang berbeda-beda kepekatannya. Oleh sebab itu dibutuhkan masker khusus untuk membuat Anda lebih nyaman dan leluasa melihat pemandangan di dalam air. Guna masker ini bukan hanya untuk membuat Anda lebih nyaman saat melihat pemandangan di laut, namun juga mencegah masuknya air ke dalam hidung.

Karena saat snorkeling Anda akan bernapas lewat mulut, maka memilih menggunakan masker adalah pilihan terbaik. Anda bsa leluasa bernapas lewat mulut dan tak perlu khawatir ada air masuk ke hidung dan ke mata.

2. Snorkel

Sementara itu, alat yang satu ini adalah media untuk bernapas dalam air. Jadi bentuknya adalah selang dengan pelindung mulut yang disebut sebagai mouthpiece. Anda bisa mencari mouthpiece yang cukup untuk mulut Anda, jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu kecil.

Nantinya Anda akan menggigit pelindung mulut tersebut, apabila ukurannya terlalu besar maka mulut Anda cepat merasa lelah. Sementara itu jika terlalu kecil tidak akan bisa menutupi mulut Anda dengan benar, hingga saat bernapas juga akan menyedot air.

Umumnya pelindung mulut ini terbuat dari bahan silikon yang nyaman, selang snorkel berdiameter 2 centi dengan panjangnya kurang lebih 30 centi. Jadi saat Anda berjalan-jalan di sela terumbu karang, sesekali merunduk ke dalam air dengan snorkel bisa nyaman untuk bernapas.

3. Fin

Di Indonesia lebih populer sebagai kaki katak, yakni semacam sepatu dengan ujung yang melebar dan pipih. Memang alat yang satu ini tak wajib digunakan saat snorkeling, namun akan sangat membantu jika ingin diving, supaya bisa berenang dengan lebih nyaman dan lebih cepat.

Sebagai informasi, di pasaran terdapat dua jenis kaki katak yang bisa ditemukan, yaitu model full foot atau yang terutup dan model open heels atau yang tumitnya terbuka. Untuk yang tertutup, bentuknya menutup seperti sepatu dan pas di kaki. Sementara untuk versi satunya lagi memiliki bagian tumit yang terbuka dan ada strap adjustable di belakangnya untuk menyesuaikan ukuran kaki pemakaianya.

4. Pelampung

Pelampung juga bukan hal yang sangat wajib, namun penting. Bagi Anda yang sudah mahir, mungkin tidak mengenakan benda ini tidak akan membuat masalah, apalagi jika hanya snorkeling di tempat yang dangkal dan aman.

Namun boleh saja mengenakan pelampung sebagai bentuk jaga-jaga, apalagi jika Anda kurang mahir berenang di laut.

Pastikan memilih pelampung dengan ukuran yang pas, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Tentu lebih nyaman jika menggunakan pelampung yang ukurannya pas, tidak akan waswas terlepas atau mencekik sehingga tak nyaman beraktivitas.

5. Baju renang khusus

Lagi-lagi, pakaian yang satu ini tidak wajib untuk digunakan saat snorkeling ataupun saat diving, akan tetapi sangat penting jika ingin bergerak lebih nyaman dan aman.

Baju renang dirancang sedemikian rupa supaya membuat Anda merasa nyaman bergerak dalam air, tidak akan menggelembung dan tentu saja tidak akan terbuka saat berenang sehingga tak perlu khawatir bagian pribadi Anda terlihat.

Ditambah lagi bahan dari baju renang dan baju menyelam itu bisa menahan dinginnya air laut, mencegah gesekan dari batu karang sehingga lebih nyaman saat menikmati hobi yang satu ini.

6. Handuk kering

Setelah bemain air, sudah tentu badan akan basah semua dan jika Anda tidak membawa handuk maka Anda akan kedinginan sepanjang perjalanan kembali ke pantai. Bukan hanya untuk mengeringkan badan, namun juga bisa dijadikan alas untuk berbaring nyaman di atas pasir sambil berjemur.

7. Drybag

Jika ingin berangkat snorkeling di laut, maka wajib mengemas semua barang Anda dalam tas anti air yang satu ini. Jadi Anda bisa masukkan gawai, dompet, berbagai benda penting lainnya di dalam tas ini supaya tetap kering dan tidak kebasahan.

Itulah dia beberapa macam benda yang wajib dibawa jika ingin menikmati snorkeling di laut, jangan lupa sebelum mengeksekusi rencana tersebut Anda cari informasi seputar snorkeling dan hobi laut lainnya.

manfaat vitamin B Previous post Wajib Tahu, 8 Manfaat Vitamin B